Kupas Tuntas Perbedaan Informatika, Ilmu Komputer, Teknologi Informasi, Teknik Komputer, Sistem Informasi

Hai semuanya kali ini learningniverse akan membahas mengenai istilah-istilah yang sering menjadi pertanyaan siswa yaitu perbedaan informatika, ilmu komputer, teknologi informasi, teknik komputer, dan sistem informasi. Beberapa istilah jurusan tersebut memiliki kemiripan dari mata kuliah yang dipelajari, namun memiliki perbedaan yang signifikan.
Apa saja perbedaannya? Simak penjelasan dibawah ini!.
Perbedaan Informatika, Ilmu Komputer, Teknologi Informasi, Teknik Komputer, Sistem Informasi Oke, kita bahas satu demi satu istilah-istilah diatas, kita mulai dari informatika dan ilmu komputer.


1. Informatika dan Ilmu komputer

 
Perbedaan Informatika, Ilmu Komputer, Teknologi Informasi, Teknik Komputer, Sistem Informasi
Google image


Mengapa dua istilah ini saya jadikan satu? sebenarnya informatika dan ilmu komputer itu sama hanya istilahnya yang berbeda. Jurusan "Ilmu Komputer" berasal dari "Computer Science" yang umum digunakan untuk penaman di daerah amerika, sedangkan "Informatika" berasal dari "Informatics" yang umum digunakan untuk penamaan di daerah eropa. Biasanya istilah ilmu komputer digunakan di ranah universitas seperti UGM, UI, dan lain - lain. Sedangkan istilah informatika digunakan di ranah institut seperti ITB, ITS. Tapi hal ini tidak menutup kemungkinan ketika di universitas pun membuka informatika, namun kecenderungannya seperti diatas.

Berikut kutipan dari situs resmi Ilmu Komputer UI:

Program yang berjudul Ilmu Komputer dan Teknik Informatika pada dasarnya adalah program yang sama. Cakupannya cukup luas, mulai dari fondasi teoritis mengenai perancangan algoritma, yaitu konsep dasar yang melandasi pengembangan perangkat lunak, sampai kepada penerapan mutakhir berupa aplikasi robotika, kecerdasan buatan, bio-informatika, dan topik-topik menarik lainnya.” 


Mungkin secara implisit ada perbedaan dari ilmu komputer dan informatika, namun secara garis besar sama.

Untuk list mata kuliah akan menyusul di postingan berikutnya, tunggu saja ya!.

2. Teknologi Informasi

Perbedaan Informatika, Ilmu Komputer, Teknologi Informasi, Teknik Komputer, Sistem Informasi
Teknologi Informasi
Untuk teknologi informasi biasanya mereka belajar mengenai arsitektur IT (cloud service), admin jaringan dan sistem, database, cybersecurity dan sebagainya. Tidak membatasi juga mereka belajar hal-hal seperti di teknik informatika dan sistem informasi serta teknik komputer. Tapi hal-hal diatas merupakan studi utama jurusan ini.

3. Teknik Komputer

 Perbedaan Informatika, Ilmu Komputer, Teknologi Informasi, Teknik Komputer, Sistem Informasi
Teknik Komputer
Untuk teknik komputer sendiri biasanya tergabung dalam fakultas elektro, sehingga jurusan ini masih berhubungan dengan elektro. Teknik komputer mempelajari software dan hardware namun lebih cenderung ke hardware. Hardware yang dimaksud disini sedikit berbeda dengan teknik elektro, di teknik komputer biasanya menggunakan sebuah sistem hardware (hardware yang sudah jadi) sehingga mereka tidak mendesain hardware dari awal contohnya penggunaan microcontroller seperti arduino dan raspberry pi. Hardware disini juga bukan seperti perakitan komputer dan sebagainya.

4. Sistem Informasi 

Perbedaan Informatika, Ilmu Komputer, Teknologi
Sistem Informasi


Untu sistem informasi sendiri mempelajari mengenai pengolahan informasi dalam pengembangan proses bisnis agar menjadi suatu sistem yang efektif dan efisien. Mereka cenderung mempelajari penggunaan atau pembuatan sebuah perangkat lunak dengan tujuan sebgai hasil bisnis atau menggabungkan konsep komputer dengan bisnis dan management. Tujuannya sebagai ‘jembatan’ antara kebutuhan bisnis dengan aplikasi yang mesti dirancang. Contohnya seperti bagaimana berhubungan dengan client bisnis, bagaimana merancang aplikasi berdasarkan skala bisnis perusahaan, dan seterusnya.  

Banyaknya nama jurusan ini berasal dari keputusan DIKTI (Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi) yang tidak secara tegas mengatur penamaan jurusan komputer (keputusan DIKTI No. 1030/D/T/2010). Setiap Universitas boleh menggunakan nama jurusan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, saat ini di Perguruan Tinggi tidak lagi hanya ada 1 jurusan komputer, tetapi bisa 2 atau 3. 

Kupas Tuntas Perbedaan Informatika, Ilmu Komputer, Teknologi Informasi, Teknik Komputer, Sistem Informasi
Jenis-jenis jurusan komputer
Sekian postingan tentang Kupas Tuntas Perbedaan Informatika, Ilmu Komputer, Teknologi Informasi, Teknik Komputer, Sistem Informasi  semoga postingan ini bisa bermanfaat bagi kalian semua yang bingung memili jurusan atau sekedar informasi.

Sumber : https://www.duniailkom.com/

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Kupas Tuntas Perbedaan Informatika, Ilmu Komputer, Teknologi Informasi, Teknik Komputer, Sistem Informasi"

Posting Komentar