3 Bahasa Pemrograman Terpopuler dan Infografiknya Versi Hackernoon

Halo semuanya, kali ini learning universe akan membahas mengenai kepopuleran bahasa pemrograman. Tingkat popularitas bahasa pemrograman biasanya bergantung pada peluang kerja yang ada dan berapa besar gaji yang diterima programmernya. Langsung saja simak uraian berikut!.

3 Bahasa Pemrograman Terpopuler dan Gaji Tahunan Programmernya

1. Javascript

Javascript merupakan salah satu bahasa pemrograman dinamis yang digunakan untuk meningkatkan kedinamisan suatu website. Bahasa ini bukan Object Oriented secara menyeluruh (dikatakan karena tidak memiliki sistem class).  Bahasa ini biasanya dicap sebagai "Beginner Friendly" dan kepopulerannya meningkat drastis.

Stack Overflow, sebuah situs web populer yang digunakan pengembang untuk membagikan skill mereka, biasanya melakukan survei tahunan untuk mendapatkan statistik yang berguna dari komunitas pengembang - mulai dari gaji mereka hingga teknologi favorit. 

Pada januari 2018, web ini melakukan survei ke 100.000 developer dan berikut statistiknya.
3 Bahasa Pemrograman Terpopuler dan Gaji Tahunan Programmernya
 Github, website untuk berbagi source code yang sangat populer di dunia, juga mengatakan bahwa javascript digunakan dalam repository pengguna github. Berikut infografik versi Github.

3 Bahasa Pemrograman Terpopuler dan Gaji Tahunan Programmernya

Secara global, survei dari Stack Overflow mengatakan bahwa developer JavaScript menghasilkan sekitar $55,000 per tahun. Selain itu, developers javascript di U.S. menghasilakan $98,000 per tahun.

2. Java

Java adalah bahasa pemrograman favorit admin, karena sangat Object Oriented dan admin gunakan untuk pengembangan android. Selain itu java juga serba guna dan bisa digunakan untuk pengembangan aplikasi lintas platform. 

Indeks Komunitas Pemrograman TIOBE, yang mengukur popularitas bahasa pemrograman berdasarkan hasil search engine, menempatkan Java sebagai bahasa yang paling populer, pada Juli 2018. Berikut infografiknya.


3 Bahasa Pemrograman Terpopuler dan Gaji Tahunan Programmernya
Di U.S sendiri gaji programmer java berkisar $100.00 per tahun menurut survei.

3. Phyton 

Phyton juga merupakan object oriented programming seperti java, tapi memiliki keunggulan dalam penggunaannya dibidang machine learning, artificial intelligence, analyzing data. Menurut Stack Overflow, 38.8% penggunannya merupakan programmer phyton. Menurut survei situs web, popularitas Python melampaui C # pada tahun 2018 - seperti halnya melampaui PHP pada tahun 2017.

Pada platform GitHub, Python melampaui Java sebagai bahasa pemrograman kedua yang paling banyak digunakan, dengan 40% lebih banyak permintaan dibuka pada 2017 dibandingkan pada 2016.

Layak disebutkan, minat terus-menerus di bidang kecerdasan buatan bisa memicu permintaan Python. Bahkan, Stack Overflow menyebutnya "bahasa pemrograman utama yang paling cepat berkembang". Berikut infografik dari Stack Overflow.

3 Bahasa Pemrograman Terpopuler dan Gaji Tahunan Programmernya
Sekian postingan saya tentang bahasa pemrograman terpopuler, semoga postingan ini bisa menjadi referensi bagi kalian yang ingin belajar pemrograman lebih lanjut.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "3 Bahasa Pemrograman Terpopuler dan Infografiknya Versi Hackernoon"

Posting Komentar